Tag Archives: masak

P.A.S.A.R

Tumben tumbenan pengen cerita tentang pasar, gaya banget ya biasa maen ke moll tau tau pengen cerita tentang pasar. Soalnya beberapa bulan yg lalu saya lagi suka bangat ke pasar, lagi kemasukan setan apa juga ga tau deh, yang jelas di kala itu, saya lagi berada di pulau tetangga karena tuntutan kerjaan. jadi biar irit maka sudah sepatutnya kita menabung di bank.

Dari kata “Pasar” itu sendiri kalau kita bedah per-huruf bisa didapat makna yang banyak, coba ni ya kita coba :

P : Pasti tempatnya becek
A : Asli tempatnya becek
S : Shit tempatnya becek
A : Anjrit tempatnya becek!
R : Rasain lu tempatnya becek beneran

Dari hasil hipotesis diatas dapat disimpulkan bahwa pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Transaksi disini maksudnya pembeli ngasih duit ke penjual buat beli ayam, sayuran, cabe dan barang barang yang lain. kriteria pembeli itu juga ada banyak macamnya, ada pembeli yang duitnya banyak, pembeli yang cuma nawar tapi nggak beli, pembeli yang kerjanya di bank, pembeli yang punya motor tapi gak bisa naik motor , pembeli yang suka dengerin lagunya noah, pembeli yang kalau kerja dateng telat tapi pulang duluan dan masih banyak lagi. Sedangkan penjual ada juga macemnya, ada penjual yang jualan di pasar, ada penjual yang jualan di pinggir jalan, penjual yang jualan di instagram, penjual yang jualan di twitter, penjual yang jualan di kaskus dan masih banyak lagi boss.

ini bukan pertama kalinya saya masuk ke pasar tapi Baru kali ini saya menjejakkan kaki ke pasar sampai ke tempat yang paling dalam, sampai ke “P-spot” nya lah atau Pasar spot paling dalam, nah itu yang bikin ketagihan, ternyata jalan jalan di pasar asik joss lho boss, dari liat-liat yang ijo2 macam sayuran, liat ikan ikan segar pada tepar kejang kejang sakaratul maut, sampai liat ibu-ibu penjual ayam potong benerin tali BH yg melorot, walaupun gimana gitu ya agak risih sebenernya liat ibu ibu gendut keringetan, habis megang ayam jualannya, trus benerin tali BH, saya kan lihatnya gimana gitu, soalnya saya lebih suka liat cewe cakep yang benerin tali BH sehingga tubuh saya merinding, kayak lagi masuk angin apalagi sambil pose pose menggoda gitu lalu tangannya… eh eh eh bubar bubar bubar…

Saya sendiri biasanya sekali ke pasar membeli ayam, ikan, seperangkat sayur asem atau seperangkat sayur sop, daun bawang, daun sawi, bawang putih, bawang merah, tempe tahu, tomat, cabe-cabean, telur dan bumbu-bumbu. Dari segitu banyaknya barang yang dibeli, bawa seratus ribu aja udah sisa banyak banget. ya seneng lah bawa duit pas pasan bisa beli banyak banget begitu, daripada makan di warung habis 20ribu seporsi, kan mendingan ditraktir makan sama temen, grateessss…

Proses mencari dan menawar di pasar itu yang saya suka, mau cari daun bawang atau tomat yang seger muterin dulu pasar 7x barulah dapet, atau nyari nyari kesana kemari tau tau pasarnya mau tutup, saking asiknya waktupun terus berlalu tanpa disadari. Kemudian soal tawar menawar saya sebenernya bukan tipe yang suka nawar habis habisan sampe ibu penjual terpaksa nutup dagangannya lalu pergi, saya kalau nawar asik-asik aja mau dikasih ya sukur nggak dikasih ya saya pulang kelaparan. ibu penjual juga kadang ada yang genit, kalau nawarin pake bilang “ayo mass ngganteng… sini mas ngganteng ayamnya masih seger!!!” coba.. kan saya tersipu sipu kalau dibegitukan, jarang-jarang kan orang ganteng beli ayam potong. Teman sekos saya yang lagi beli 2 ekor ayam pernah dibilangin “ooo iya mas, ini ayam yang satu buat istri pertamanya mas, ayam yang satunya lagi buat istri kedua ya mas” tuhh ibu ibu pasar aja bisa ikut campur rumah tangga orang coba.

Nah trus kalau udah beli gitu emangnya bisa masak?  ya jelas nggak lah…

Bisa dong, dikira siapa saya ini, saya dulu chef spesialis ngangetin makanan, pastilah bisa masak. Dalam hal masak memasak saya sebenernya suka, kalau dirumah sering gitu buka kulkas ngambilin hasil belanjaan emak trus dimasak ini itu dan voila…
Masakan saya itu lebih nikmat disantap pas lagi panas panasnya, kenapa? soalnya rasa aslinya ketutup rasa panas.
berikut cuplikan hasil masakan saya dilaporkan live dari tempat kejadian :

image
Nasi ayam sosis sayur sop sambel kecap, piye wes percoyo rung?
image
Asem asem daging ayam, percoyo to?
image
Daging ayam beserta botok tahu, piye menurutmu?

jangan dilihat bentuknya, dirasakan dulu, pasti dijamin kalau sudah mencicipi rasanya jadi pengen nyanyi “insya Allah  Insya Allah  insya Allah ada solusinya…”

Advertisements